Kamis, Agustus 06, 2009

Kisah Kehidupan

Mungkin bosan jika kawan membaca judul diatas...
kenapa setiap ngepost selalu kenangan dan kisah hidup terus?
memang banyak banget kenang2an saya ketika kecil, ada yang sedih, mengharukan walaupun banyak juga kenang2an yang menyenangkan.

tetapi saya merasa bahwa kenangan masa kecil saya itu lebih banyak kesedihan bahkan penuh dengan kerja keras, mungkin beda dengan kawan sekalian yang masa kecilnya selalu penuh dengan canda tawa.

kenapa saya bilang kenangan masa kecil selalu diisi dengan kerja keras?
karna sedari kecil saya selalu bersama nenek saya, kesibukan kedua orang tua saya yang menyebabkan saya jadi lebih sering dengan nenek saya.

setelah tamat TK, saya melanjutkan ke SDN, disini saya sampai kelas 2 masih saja diantar oleh nenek saya, tiap hari nenek selalu berada dekat dengan saya.

tapi setelah naik kelas 3, nenek mungkin dah ga mau nganter saya lagi, mungkin nenek mau agar saya agar bisa lebih berani lagi, jadinya mulai kelas 3 saya harus berangkat sekolah sendiri deh.

singkat cerita.......
lulus SD saya langsung masuk ke SMP, dimana kerja keras ini dimulai, ko bisa?
ketika kelas 6 SD, bapak saya meninggal, jadi semua kebutuhan keluarga hanya ibu saya saja yang memenuhi.
semenjak SMP, saya harus menemani ibu saya belanja kepasar setiap pagi, mesti bangun pagi2 buta deh, keluarnya bareng sama maling ayam yang baru pulang nyolong hehehe.....

awalnya sih saya senang nemenin ibu belanja, sampai akhirnya ibu saya bilang klo saya yang harus belanja sendiri, iya, itu dikarenakan ibu sudah tua.

jadinya kepasar sendiri deh, belanja muter2 pasar tradisional yang penuh sama lumpur sayuran busuk, apalagi klo dah musim hujan, kudu pake sepatu bot deh, tapi biar dah pake sepatu bot, tetep aja tuh lumpur masuk.

dah cape muter2 n belanja sesuai apa yang ibu saya tulis, saya lanjutin deh pulang naek becak, seru banget lho hehehe, biar bau lumpur pasar plus duduk seadanya dijok becak karna ga kebagian sama belanjaan yang buanyak, tetep aja hepi, gimana ga hepi, coz sisa uang belanjaannya pasti untuk saya.

sisa uang belanjaan itu saya dapetin dari hasil negosiasi saya kepada para pedagang, cieh bahasanya negosiasi, bilang aja tawar menawar hehehe.....
setiap belanja pasti selalu dikasih catatan belanjaan beserta rincian uangnya, jadi setiap beli sesuatu, saya harus bersusah payang menguras keringat untuk menawar....bucet dah bahasanya xixixi menguras keringet, nguras lumpur pasar kali :D.

tapi ada ruginya juga,semenjak kepasar sendiri saya jadi ga dapet uang jajan buat bekal sekolah :-( .tapi gpp denk, toh banyakan uang hasil tawar menawar ko hehehe....

lanjut ke topik...
awalnya belanja sendiri sih enak, selain dapet uang lebih, saya juga bisa ngeringanin beban ibu saya, so mulai saat itu ibu jadi bisa lebih lama waktu istirahatnya n jadi bisa masak nyiapin sarapan untuk anak2nya.

1 tahun saya masih senang dengan kegiatan belanja kepasar ini, 2 tahun saya juga masih merasakan hal yang sama ketika harus belanja kepasar,tahun ke 3 pun saya lalui dengan rasa bahagia dan senang ketika harus belanja kepasar sendirian.
namun di tahun ke 4 saya jadi agak sedikit malas dan malu, ko bisa malas n malu kenapa?
ya saya sudah sedikit memiliki rasa malu, lho memang dari dulu ga punya kemaluan yah hehehe....bukan ga punya, tapi masih kecil n belum terlalu mikirin, mangnya apa sie, ko bisa malu?

ya, ditahun ke 4 ini saya sudah berada di SLTA, sekolah saya yang berada tepat dibibir jalan raya yang biasa saya lalui ketika saya pulang naek becak ke warung kecil tempat ibu saya berjualan itu yang menjadi alasan saya untuk mengatakan malu.

kebiasaan saya yang pulang dari pasar berbarengan dengan anak2 sekolah yang sedang berangkat untuk menuntut ilmu ini yang semakin membuat saya malu, setiap saya pulang dari pasar, saya sering menjumpai teman2 satu sekolah sedang menunggu angkot yang membawa mereka kesekolah, terkadang saya pura2 baca koran bekas yang nantinya digunakan sebagai pembukus nasi sama ibu saya.

sungguh ironis jika wajah saya yang ganteng, imut, lucu n lugu ini harus berpapasan dengan teman sekolah bahkan teman satu kelas saya.
mungkin teman2 saya akan kaget jika melihat saya yang biasanya disekolah berpenampilan rapih harum wangi semerbak bunga melati harus belepotan lumpur pasar yang super duper bau ini.

untuk menutupi wajah saya yang ganteng dan...... *pletak monitor kompi retak karna terlalu narsis* ga jadi deh muji diri sendiri hehehe...lanjut.......saya menutupi wajah saya dengan koran bekas yang saya beli untuk bungkus nasi nanti.

walau ga ada di daftar belanjaan ibu saya, saya harus tetap beli kebutuhan pokok yang satu ini untuk menunjang karir serta nama baik saya, wakakaka.......sampe dimarah sama ibu saya, karna diwarung dah numpuk kertas koran bekas hehehe...

hampir tiap hari saya selalu saja bertemu sama taman sekolah bahkan teman sekelas saya, tapi saya masih beruntung, ternyata Allah masih melindung saya dari mata2 para wanita pencari pria ganteng hehehe...

sampe suatu hari tepatnya hari senin, setiap sekolah pasti melakukan kegiatan upacara rutin, dimana saya memang memiliki jadwal sebagai pemimpin upacara *serius nih, ga becanda ko pada ga percaya sie....timpuk ah* entah setan apa yang melintas dan menutupi pikiran saya untuk membeli koran sebagai penunjang kebutuhan pokok, pada saat pulang mengendarai becak yang sedang melaju dengan kecepatan normal dan dikendarai oleh sang pilot itu, akhirnya musibah besar terjadi.
mata2 binal dan liar itu menangkap sesosok tubuh dengan perawakan sigap dan macho ini sedang naik becak dengan berlumuran darah eh lumpur pasar, entah kaget, bingung seakan tidak percaya bahwa yang melintas dihadapan mereka itu adalah seorang yang biasanya berpenampilan rapi dan wangi saat disekolah, melihat sosok yang mereka kenal itu seperti sekarang, mereka seakan menertawai bahkan mengejek saya*ini hanya dalam hati saya saja lho*...sungguh malang nian nasib seorang anak tukang nasi ini *labai lagi ah hehehe*

to be continue...
ada kejadian apalagi yah...
tunggu kelanjutannya hehehe....

6 komentar:

  1. waaaahhh mengapa mesti malu....hehehheh...ditunggu kelanjutannya sob...

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum,
    Sungguh pengalaman hidup yg luar biasa. Tapi kalau saya menjadi orang tua atau menjadi kakak/adik dan teman sekolah Omen, saya pasti bangga, karena membantu meringankan pekerjan orang tua, adalah suatu pekerjaan dan akhlak yg mulia. Seharusnya tidak usah malu sama teman-teman. Tapi saya belum bisa komentar lebih jauh, karena ceritanya masih bersambung...
    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya diblog saya.
    (Dewi Yana)

    BalasHapus
  3. jangan malu klo blanja ke pasar
    kisah yang menarik

    BalasHapus
  4. ceritanya menarik.. ditunggu ya lanjutannya :)

    BalasHapus
  5. hey,,itu kisah yang menarik. jangan pernah malu bercerita tentang pengalaman yang kamu alami.

    ditunggu lanjutannya

    BalasHapus
  6. salam sobat..
    wah salut dan bangga ,,mau ya,,,belanja ke pasar sendiri,,he,,he ngga tengsin gitu??
    siip sobat,,bisa dicontoh.

    BalasHapus